ngeBLOG untuk mengHILANGkan kejenuhan . . . dan saling berbagi informasi, MUDAH2AN BERMANFAAT




Selasa, 22 November 2011

Logo Vector Kementerian Perdagangan

Logo Vector Kementerian Perdagangan

ARTI DAN MAKNA LOGO KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA


Penjelasan Umum Desain logo Kementerian Perdagangan Republik Indonesia secara garis besar merupakan gabungan dua komponen, yaitu sebuah 'simbol logo'  berupa visual grafis dan sebuah 'logo type' berupa jenis huruf, yang proses penciptaannya didasari oleh visi dan misi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang digunakan untuk kepentingan internal (seperti antara lain: peralatan kerja, label, arsip, dokumentasi, inventaris, seragam, dan pin pegawai) maupun untuk kepentingan eksternal (seperti antara lain: stempel, kop surat, kartu nama, amplop, medium pengumuman, kendaraan, papan nama, spanduk, dan bahan­bahan komunikasi massa).


Landasan Konsep Desain Kementerian Perdagangan Republik Indonesia adalah navigator perekenomian Indonesia di dunia, salah satu penggerak utama kemakmuran bangsa Indonesia.


Kata Kunci 'Navigator' dihayati sebagai kearifan mencari keseimbangan dalam menjaga kelancaran kegiatan pertukaran memberi-menerima, yang saling memberi faedah.


Ilham Desain 'Axis Mundi' (poros bumi di jagat raya), suatu alat navigasi berdasarkan perhitungan poros matahari-bulan-bumi-bintang yang digunakan oleh kaum petani, penjelajah laut dan pedagang di masa silam untuk mengetahui kapan waktu-waktu yang paling baik bagi semua pihak untuk memanen hasil bumi, memanen hasil laut dan melakukan perjalanan perdagangan.
Perhitungan waktu dengan 'axis mundi' adalah kearifan mulia untuk berinteraksi santun dengan jagat raya dalam mengisi kesejahteraan/kemakmuran manusia.


Unsur Simbol Logo Bentuk lingkar yang diambil dari bentuk bumi.
Bentuk-bentuk anak panah yang memancar ke luar maupun ke dalam melambangkan gerak dinamika yang berimbang kuatnya ke luar dan ke dalam, eksternal dan internal, global dan lokal.
Garis-garis kembar ke delapan arah mata angin melambangkan jangkauan mendunia dan kesadaran universal akan keadilan dan kesetaraan.
Sinar putih di pusat melambangkan ketakwaan sebagai itikad mulia (integritas) dalam segala pikiran dan tindakan yang bercita-cita membangun kemakmuran bangsa dan mendukung terselenggaranya kemakmuran umat manusia di dunia.
Warna hijau (kesuburan agraria) memiliki makna pertumbuhan, keharmonisan, dan kesetaraan.
Warna biru tua (kekayaan sumber laut) melambangkan kekayaan pengetahuan tinggi dan kehandalan yang terpercaya.


Unsur Logo Type mengangkat warna biru tua (kejayaan maritim) untuk melambangkan kepemimpinan arif dan kelurusan hati


0 komentar: